Saturday, January 22, 2011

Cara Mempercepat Kinerja PC




Cara Mempercepat Kinerja PC Dengan DiskCleanup, Adakalanya anda merasakan bahwa komputer / laptop anda menjadi lebih lambat daripada sebelumnya atau pertama kali anda membeli komputer / notebook anda. Beberapa petunjuk sederhana berikut ini akan membantu memperbaiki atau menjaga agar computer tetap berjalan secara halus dan lancar dengan menggunakan tool yang sudah disediakan oleh Winodws XP Service Pack 3 (SP3) dan Windows Vista. Tool ini dimaksudkan untuk lebih memudahkan dan lebih mengeffisiensikan dalam merawat computer anda dan menjaga privacy anda saat melakukan browsing online Internet.
Bebaskan disk space dari file-2 temporary
Dengan membebaskan disk space anda bisa memperbaiki performa dari computer anda. Windows menyediakan tool “Disk Cleanup” untuk membantu anda dalam membebaskan disk space dari harddisk computer anda. Tool ini bisa mendeteksi file-file yang bisa didelete dengan aman, dan bisa memungkinkan anda memilah apakah anda harus menghapus semua file yang telah diidentifikasi atau sebagian saja.
Anda bisa menggunakan “Disk Cleanup” untuk keperluan berikut ini:
  • Menghapus file temporary Internet
  • Menghapus file program hasil download seperti Microsoft ActiveX control dan Java Applets.
  • Mengkosongkan Recycle Bin
  • Menghapus file temporary Windows
  • Menghapus komponen-2 windows optional yang tidak anda gunakan.
  • Menghapus program-2 yang sudah di install dan tidak lagi digunakan
Pada umumnya, file temporary internet mengambil porsi yang sangat besar sebab browser melakukan cache halaman yang anda kunjungi agar bisa diakses lebih cepat nantinya.
Bagaimana menggunakan Disk Cleanup ini?
1. Klik Start => All Programs => Accessories => System Tools kemudia anda bisa klik “Disk Cleanup”. Jika pada komputer anda ada beberapa Hard Disk, anda akan di minta memilih Hard Disk mana yang akan anda rawat / bersihkan.




2. Pada kotak dialog “Disk Cleanup For” anda bisa melakukan scroll daftar isi files dari hasil observasi Windows Disk Cleanup ini yang siap untuk di hapus dengan aman. Anda bisa mencontreng daftar file mana yang anda mau delete.


3. Jika anda tidak menghendaki file tersebut di delete, maka hilangkan contrengan disebelah kiri kotak contrengan, dan klik OK.
4. Jika diminta konfirmasi untuk menghapus daftar file yang dicontreng tersebut, maka klik YES.
Setelah beberapa menit, proses penghapusan selesai dan kotak dialog Disk Cleanup akan menutup, computer anda menjadi lebih bersih dan performa menjadi lebih baik.

No comments:

Post a Comment